SOLUSI SEHAT

SOLUSI SEHAT

BAKTERI USUS DAPAT MEMPENGARUHI KONDISI BERAT BADAN

Pengertian tentang Bakteri dan Mikroba atau Mikroorganisme

Bakteri adalah mikroorganisme bersel tunggal yang termasuk dalam kelompok Prokariota
.
Pengertian Sel prokariotik
Sedangkan Sel prokariotik adalah sel primitif yang tidak memiliki nukleus. Bukannya menyimpan materi genetik dalam kromosom terorganisir dilindungi oleh inti yang terikat membran, prokariota menyimpan materi genetik mereka dalam berbentuk tidak teratur “nukleoid” yang terdiri dari 60% DNA.
DNA substansial juga disimpan dalam organel kecil di luar yang disebut plasmid nukleoid, yang merupakan cincin sedikit materi genetik (1-400 kilobasa) yang disalin seiring dengan proses normal pembelahan sel dan juga dapat dipertukarkan antara prokariota. Pertukaran plasmid ikut bertanggung jawab atas kemampuan prokariota untuk cepat beradaptasi dengan ancaman eksternal seperti antibiotik.

Prokariota mencakup domain Bakteri dan Archaea, yang merupakan dua dari tiga domain dari semua kehidupan, Eukaryota yang lain, yang berisi semua organisme multiseluler dengan yang kita kenal. Kebanyakan prokariota bebas-mengambang dan independen, meskipun beberapa bentuk berbagai jenis koloni, dan sianobakteri bahkan menunjukkan beberapa derajat diferensiasi sel yang dapat diartikan sebagai fitur plantlike primitif seperti batang, vines, dll.

 Mikroorganisme adalah Sebuah bentuk kehidupan kecil yang membutuhkan mikroskop untuk dapat dilihat.

Bentuk daripada Mikroorganisme adalah:
  • Kokus – bentuk bola
  • Basil – berbentuk batang
  • Spirrela – bentuk spiral
  • Algae – beberapa putaran dan lainnya yang oval. Beberapa terlihat seperti daun dan lain-lain seperti koma.Protozoa
  • ciliata – yang memiliki proyeksi seperti rambut yang disebut silia
  • Amoeba- yang dapat dibagi ke dalam amuba testae, yang memiliki seperti kulit penutup – pada tubuh seperti gumpalan, dan mereka amuba telanjang
  • Flagelata- yang memiliki satu atau beberapa proyeksi panjang seperti cambuk disebut flagela menusuk dari sel mereka.
  • Virus- polihedral atau multi-sisi.
Kegunaan Mkroorganisme:
Digunakan dalam produksi skala yang lebih besar dari alkohol, sinematrografi dan asam asetat. Digunakan dalam pembuatan tablet antibiotik, kapsul atau suntikan seperti penisilin. Dalam vaksin dan untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Apakah Anda tahu bahwa usus Anda berinteraksi dengan bakteri setiap hari lebih dari sekedar mencerna makanan? Beragam bakteri terdapat pada semua saluran pencernaan termasuk mulut, lambung dan usus. Sebagian besar terdapat di usus. Tergantung pada jenis bakteri yang tersedia, beberapa bakteri baik yang bermanfaat untuk memerangi patogen yang masuk ke dalam tubuh manusia, sementara spesies lain memungkinan menambah berat badan.

Ada lebih dari 100 trilyun mikroba yang hidup pada tubuh manusia. Sebagian besar mikroba ini berlindung di saluran pencernaan. Firmicutes merupakan bakteri yang dapat meningkatkan berat badan dan Bacteroidetes merupakan bakteri yang dapat menurunkan berat badan. Studi telah menemukan bahwa semakin tinggi rasio Firmicutes daripada rasio Bacteroidetes, maka semakin tinggi risiko obesitas.

1. Firmicutes

    Firmicutes akan tinggi di dalam usus jika seorang individu mengkonsumsi tinggi lemak dan tinggi gula. Diet tinggi gula dan lemak ini memicu peradangan dan dapat meningkatkan permeabilitas usus. Peradangan kronis yang dihasilkan dari sebuah mikrobiota usus yang berubah tidak hanya menyebabkan obesitas tetapi bertanggung jawab dalam pengembangan resistensi insulin dan penyakit radang usus.

2. Bacteroidetes

    Bacteroidetes pada pasien penyakit Crohn secara efektif mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala. Berlawanan dengan efek Firmicutes, Bacteroidetes sebenarnya mencegah peningkatan penyimpanan lemak. Bacteroidetes membantu mengatur respon pertahanan T-sel tubuh yang memburu dan menghancurkan patogen. Bacteroidetes menghasilkan asam organik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai manfaat seperti menyerap air dan pengaturan pH untuk mencegah kolonisasi bakteri jahat. Bacteroidetes merupakan pemain kunci dalam sintesis butirat (salah satu asam organik utama), yang bertanggung jawab atas sirkulasi darah di dalam usus dan karena kemampuannya untuk meningkatkan ketersediaan elektrolit untuk penyerapan di dalam tubuh. Seiring dengan peran menjaga kesehatan fungsi usus, butirat juga dipercaya sebagai pelindung terhadap pertumbuhan dan penyebaran tumor dan dapat mencegah kanker kolorektal.

Cara yang paling baik untuk mengubah rasio Firmicutes lebih kecil dibandingkan rasio Bacteroidetes yaitu dengan mengkonsumsi diet tinggi serat dan polifenol. Beberapa sumber terbaik termasuk: Teh hijau dan teh hitam, bubuk kakao dan cokelat hitam, bumbu kering dan rempah-rempah termasuk kunyit, cengkeh, Berries seperti elderberry, blueberry, raspberry dan strawberry, Beberapa kacang terutama hazelnut, chestnut, dan kemiri, Sayuran seperti bayam, brokoli dan asparagus.

Anda khawatir berat badan naik, atau Anda sudah kelebihan berat badan. Mulailah dari sekarang pastikan keseimbangan bakteri baik dalam pencernaan, konsumsi makanan yang mendukung termasuk suplemen Supergreen Food (SGF). Suplemen alami dari alga Spirulina platensis dan Chlorella sorokiniana. SGF selain mengandung nutrisi lengkap juga bersifat prebiotik yang mendukung keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Selain itu bagi Anda yang sudah mengalami kelebihan berat badan, ada juga produk yang tepat yaitu herbal Vitayang Slimming Kapsul yang bekerja membantu untuk meningkatkan pembuangan lemak yang masuk atau yang menumpuk di dalam tubuh.
 –


0 Response to "BAKTERI USUS DAPAT MEMPENGARUHI KONDISI BERAT BADAN"